Friday, July 2, 2010

Badai Matahari Di Tahun 2012


Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau lebih sering kita kenal dengan nama LAPAN memperkirakan puncak aktivitas matahari disertai dengan badai matahari akan terjadi pada tahun 2012 sampai dengan tahun 2015. Badai matahari sebenarnya tidak akan langsung menghancurkan peradaban yang ada di bumi. Tapi akan sangat berpengaruh terhadap alat-alat sistem teknologi seperti satelit. Yang nantinya akan sangat merugikan sekali bagi kita karena saluran telemonikasi akan sangat terganggu. Disebagian wilayah juga akan mengalami pemadaman listrik dengan waktu yang cukup lama dan juga perubahan iklim yang sangat ekstrim. Tak ketinggalan kemarau panjang juga akan melanda bumi akibat dampak dari badai matahari ini.

Badai matahari sebenarnya adalah sebuah fenomena alam yang biasa terjadi selama 11 tahun sekali. Terjadi atau tidaknya badai matahari tergantung pada aktivitas matahari seperti medan magnet, bintik matahari, ledakan matahari, lontaran massa korona, hingga partikel energetik. Pada puncak siklusnya, aktivitas matahari akan sangat tinggi sehingga menyebabkan terjadinya badai matahari.Badai matahari sebelumnya pernah terjadi pada 1 September 1859. Namun, tidak terlalu berdampak pada kehidupan masa itu karena memang belum ditopang oleh listrik.

Badai matahari tidak akan berdampak langsung di Indonesia. Badai matahari akan sangat berdampak pada negara-negara di sebelah utara. Seperti Eropa dan Amerika.

No comments:

Post a Comment